Cara Membuat Minuman Boba

Cara Membuat Minuman Boba
Boba
Capakeu -  Membuat Minuman Boba – Apa itu Boba? Boba yang juga bisa disebut bubble, black pearl, bubble pearl, pearl dan ice bubble merupakan salah satu bahan campuran minuman yang saat ini sedang viral di Indonesia, khususnya di Instagram dan juga grup masakan Facebook.

Jika ditelusuri sebutan bubble ini ternyata lebih untuk ke bentuk bola-bola boba yang lebih kecil. Sedangkan boba sendiri untuk bulatan adonan yang lebih besar. Dan kenapa disebut black pearl, karena bentuknya menyerupai mutiara namun berwarna coklat kehitaman bahkan ada yang berwarna hitam pekat.

Saat ini ada banyak sekali resep dan cara membuat boba yang bertebaran di Internet. Dari resep boba yang terbuat dari nutrijell, bubuk coklat, palm sugar, gula jawa dan juga brown sugar yang resepnya akan doyanresep.com bagikan kali ini.

Cara membuat boba with brown sugar ini merupakan salah satu resep andalan yang anti gagal dan tidak lengket untuk membuat boba. Selain proses pembuatannya yang mudah, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat boba ini juga sangat praktis dan terjangkau dimana-mana. Ya benar saja, karena hanya dengan 3 bahan saja, Anda sudah dapat membuat boba homemade sendiri di rumah.

Penasaran apa saja yang digunakan untuk membuat boba viral? Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Boba yang wajib untuk dicoba.

Resep dan Cara Membuat Boba With Brown Sugar Syrup


Bahan Membuat Boba :
  1. Air 164 gram (ngga pakai mili liter, jadi airnya ditimbang ya hehehe)
  2. Brown sugar 90 gram
  3. Tepung tapioka 280 gram

Ekstra :
  1. Tepung tapioka digunakan untuk taburan

Cara Membuat Boba Kenyal Anti Lengket :
  1. Pertama-tama rebus air dan brown sugar sampai mendidih, masukkan tepung tapioka aduk hingga tercampur rata, masak sebentar dengan menggunakan api kecil, lalu angkat.
  2. Tuang ke atas meja, biarkan agak hangat, uleni hingga kalis merata, bulatkan lalu bagi menjadi 4, masing-masing bentuk memanjang lalu potong-potong kecil.
  3. Bulatkan potongan adonan boba lalu taburi dengan tepung tapioka. sisihkan
  4. Rebus air secukupnya untuk merebus boba. Setelah air mendidih masukkan bulatan boba aduk terus supaya tidak lengket. Aduk terus sampai boba mengapung lalu tutup lid panci dan biarkan masak antara 20-25 menit.
  5. Buka tutup panci, tiriskan lalu sisihkan.

Bahan Brown Sugar Syrup :
  1. Air 400 gram
  2. Brown sugar 200 gram

Cara Membuat Brown Sugar Syrup :
  1. Rebus air dan gula hingga gula benar-benar larut.
  2. Kemudian masukkan boba, masak hingga airnya berkurang dan mengental. Angkat.
  3. Dan boba pun siap digunakan sebagai condiment atau isian minuman sesuai selera.

Jika di rumah sedang kehabisan brown sugar, maka brown sugar bisa diganti dengan gula aren atau gula jawa yang di iris tipis. Tapi jauh lebih nikmat dan sehat jika menggunakan brown sugar. Tapi suka-suka saja ya.

Nah jika warnanya kurang hitam maka Anda bisa juga menambahkan beberapa tetes pewarna coklat untuk mendapatkan warna boba yang diinginkan.

Kalau mau awet alias tidak digunakan semuanya, maka setelah dibulatkan, jangan lupa balur tepung tapioka lalu taruh boba ditoples tertutup dan simpan didalam kulkas. Saat mau digunakan baru deh direbus secukupnya.

Boba dapat digunakan untuk pengganti jelly pada Minuman Susu Jelly (Royal Jelly Drink), atau pada minuman kekinian ala Chatime yang dibuat dari jus buah asli maupun powerdrink (bubuk minuman) premium dengan citarasa lezat yang sangat segar dan membuat siapa saja ketagihan.

Anda dapat menikmati boba bersama keluarga atau bisa juga dijual dengan racikan bubuk perasa minuman yang dikombinasikan dengan susu kental manis dan sedikit gula pasir. Kreasi minuman ini terkenal dengan sebutan es bubble.

Demikian artikel mengenai Resep dan Cara Membuat Boba Viral Cukup Dengan 3 Bahan, semoga bermanfaat