6 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Root Android

Capakeu - Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Root Android – Untuk para pecinta smartphone pintar mungkin rooting adalah hal yang sering mereka lakukan. Sebelumnya apa sih root itu ? root adalah salah saru proses untuk mengizinkan sebuah perangkat smartphone, tablet, yang menggunakan sistem operasi android  agar mendapatkan kontrol yang lebih tinggi. Ngeroot juga bisa dikatakan memodifikasi sistem OS Android sehingga kita memiliki akses tanpa batas. Setelah kita melakukan root kita dapat menjalankan aplikasi yang dahulu tidak bisa kita jalankan di ponsel kita. Perlu diketahui apabila kita sudah ngeroot ponsel kita, maka garansi dari ponsel kita akan hangus.

6 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Root Android

Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum Root Android ? Berikut Hal Yang Harus Anda Lakukan :

1. BackUp File Terlebih Dahulu

Yang pertama pastikan kalian membackup data sebelum melakukan rooting. Terkadang hal ini yang kita lupakan. Karena pada saat kita ngeroot terkadang kita menemui kegagalan. Apabila gagal tidak perlu khawatir terhadap data-data penting kita karena kita tadi sudah membackup data tersebut.

2. Daya Baterai Harus Cukup

Ketika melakukan rooting, daya ponsel kita harus dalam keadaan cukup/full. Karena proses root lumayan cukup lama. Apabila ketika kita melakukan root daya ponsel kita habis kemungkinan root kita gagal dan ponsel bisa mengalami kerusakan.

3. Baca Informasi Ponsel Anda

Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum Root Android ? Sebelum melakukan rooting ada baiknya kita mengetahui nama perangkat, model number, android version dll. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan metode rooting yang cocok untuk ponsel kita. Terkadang apabila kita salah metode dalam melakukan rooting maka kegagalan pada saat rooting itu pasti kita alami.

4. Paham Mengenai Recovery Android

Pasti semua pengguna android sudah pahamlah ya cara masuk recovery android. Tapi terkadang untuk masuk recovery semua ponsel android tidak sama. Tapi yang kebanyakan sih dengan cara menekan Power + Volume UP/DOWN.

5. Paham Cara Restore Firmware Ponsel

Hal yang satu ini minimal kita tau tentang cara mengambalikan firmware ponsel milik kita. Misalnya kita menemui kegagalan, kita diharapkan bisa mengambalikan firmware ponsel kita. Untuk mengembalikannya kita bisa menggunakan aplikasi ODIN.

6. Baca Review Terlebih Dahulu

Ketika kita ingin melakukan root ponsel, pasti kita mencari tuturial di internet baik itu blogger, wordpress dll. Saya sarankan ketika ingin mengikuti tutorial tersebut hendaklah kita membaca komentarnya terlebih dahulu. Ketika sudah membaca komentarnya, dengan harapan kita bisa menentukan tutorial mana yang bisa kita ikuti. Pentingnya membaca komentar karena root posel adalah tindakan yang beresiko.  Apabila gagal ponsel kita bisa mengalami kerusakan.

ketika kita sudah melakukan root android pastilah handphone kita memiliki kelebihan dan kekurangan. Simak penjelasannya dibawah ini :

Kelebihan Root Android

  • Full Customisasi : Setelah kita melakukan root android kita bisa mengkustom tampilan font dan launcher. Kita juga bisa mengganti ROM hp kita. Contohnya HP kita merk samsung bisa berubah rom menjadi lenovo dll.
  • Meningkatkan Performa : Ketika sudah root ponsel kita memiliki hak akses penuh sehingga kita bisa menentukan apa yang kita ditingkatkan seperti RAM dan GPU.
  • Memblokir Iklan : Terkadang ponsel andorid kita suka muncul iklan-iklan tidak jelas. Nah, setelah kita melakukan root terhadap android kita, iklan tersebut secara otomatis terblokir dari ponsel kita.

Kekurangan Root Android

  • Hilangnya Garansi : Ketika kita sudah root ponsel kita maka garansi akan hilang karena kita menghilanhkan keoriginalan dari ponsel kita. namun kita bisa mengatasinya dengan melakukan unroot.
  • Hilangnya Update : Kekurangan dari kita ngeroot ponsel adalah kita tidak dapat menerima update dari sistem operasi yang kita gunakan. Apabila kita ingin update kita harus melakukan secara manual
  • Kegagalan Root : Mungkin kita membaca tutorial root diinternet, kita menganggapnya sangatlah simple hanya beberapa langkah. Namun, kita harus berhati-hati karena kegagalan itu pasti ada. Tetapi kita harus percara diri ketika melalukan aktivitas rooting ponsel.

Sekianlah artikel mengenai hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Root Android. Semoga bisa diterapkan dan semoga bermanfaat bagi yang mambaca. Jangan lupa membaca artikel yang lainnya.